BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan
teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan
penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan
resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital.
Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara,
animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan
disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan
user. Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik
perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik,
perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir
diseluruh aspek kegiatan.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apa pengertian dari multimedia ?
2. Apa saja aplikasi dari multimedia ?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui pengertian multimedia
2.
Untuk
mengetahui aplikasi multimedia
D.
Metode Penulisan
Penyusunan dalam mengumpulkan
data-data yang berhubungan dengan materi ini dari buku-buku serta browsing dari
internet tentang materi terkait.
E.
Sistematika
Penulisan
Untuk memudahkan maklah ini, penulis
membaginya menjadi tiga bagian,yaitu:
I.
Pendahuluan
yaitu, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, metode penulisan, dan
sistematika penulisan.
II.
Pembahasan
yaitu, pengertian teknologi informasi, dan peran teknologi informasi.
III.
Penutupan
yaitu, kesimpulan dan daftar pustaka.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN MULTIMEDIA
Panduan untuk
mengetahui multimedia harus dimulai dengan definisi atau pengertian multimedia.
Dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
(Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen
yaitu, suara, gambar dan teks (Mc Cormick, 1996) atau multimedia adalah
kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini
dapat berupa audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
(Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang menciptakan presentasi
yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio
dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
Definisi lain
dari multimedia yaitu dengan menempatkannya dalam konteks, seperti yang
dilakukan oleh Hoftsteter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan
link dan tool yang memungkinkan pemakai
melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi
ini terkandung empat komponen penting multimedia :
1.
harus ada komputer
yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan
kita.
2.
harus ada link yang menghubungkan kita dengan
informasi.
3.
harus ada alat
navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling
terhubung.
4.
multimedia menyediakan
tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan
informasi dan ide kita sendiri.
Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan
multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya jika tidak ada komputer untuk
berinteraksi maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Jika tidak ada
link yang menghadirkan sebuah struktur dan dimensi, maka namanya rak buku,
bukan multimedia. Kalau tidak ada navigasi yang memungkinkan kita memilih
jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga jika
kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka
namanya televisi, bukan multimedia. Dari definisi diatas, maka multimedia ada
yang online (internet) dan multimedia yang offline (tradisional). Type menentukan seberapa banyak
perbedaan warna yang dapat muncul pada saat bersamaan.
Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, multimedia juga diadopsi dunia
games. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis, Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media
profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios
informasi dan pelatihandalam sistem e-learning.
B. APLIKASI MULTIMEDIA
Multimedia hampir bisa digunakan pada
semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang
sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi
kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone
dan komputer.
Penerapan Multimedia Menurut Vaughan
(2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
·
Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
·
Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar mengajar tidak terlalu monoton seperti selama. Ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar mengajar tidak terlalu monoton seperti selama. Ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
·
Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang
menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang
menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
·
Tempat
umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut. Melihat pernyataan tersebut, kita hanya bisa mengatakan bahwa Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan multimedia seperti : multimedia dalam bisnis, multimedia dalam pendidikan, multimedia dalam bidang kesehatan, multimedia dalam bidang keagamaan.
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut. Melihat pernyataan tersebut, kita hanya bisa mengatakan bahwa Multimedia adalah sebuah kebutuhan yang memberikan banyak keuntungan pada semua kegiatan sehari-hari. Hampir semua bidang menggunakan multimedia seperti : multimedia dalam bisnis, multimedia dalam pendidikan, multimedia dalam bidang kesehatan, multimedia dalam bidang keagamaan.
Aplikasi Multimedia Untuk Keunggulan
Bersaing contohnya yaitu:
- Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
- · Dalam bidang Sumber Daya Manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik.
- · Dikenal dengan istilah Computer Based Training (CBT) dan Internet Based Training (IBT)
- · (contoh : Perusahaan AT&T)
- · Menjadi media Rekrutmen Pegawai ( www.loreal.com )
- Aplikasi dalam Bidang Produksi
- · Film, televisi, radio, dan musik melibatkan peralatan multimedia.
- · Untuk membuat atau merekayasa suatu rancangn mobil, pesawat terbang, dan bangunan.
- · Digunakan di pabrik untuk memonitor atau mengontrol proses produksi.
- Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
- · Keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
- · SmartMoney.com (Keuangan Personal : Pengelolaan keuangan pendidikan anak, manajemen hutang, perawatan kesehatan, perencanaan rumah, asuransi, pajak, investasi pernikahan, dan perceraian, sampai masalah perencanaan pensiunan, dll.)
- · Citi.com (Perbankan : Situs Web Multimedia terbaik versi Yahoo)
- Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
- · Aplikasi dalam SIA, misalnya laporan akuntansi yang ditampilkan meliputi komentar audio, penjelsan dan saran.
- · Istilah documendia dibuat untuk menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan berbagai media.
- Aplikasi Otomatiasi Kantor
- · Workgroup Computing, memungkinkan beberapa orang untuk memakai komputer yang sama pada saat yang sama pula. (Para peserta dapat terus berdiskusi sambil melihat tampilan bersama yang mungkin meliputi rangkaian media lengkap, fotografi dan video bergerak)
- · Desktop Video Conferencing, memungkinkan para peserta melakukan konferensi video sambil duduk di meja masing – masing. (tingginya biaya transportasi dan lamanya waktu di perjalanan, aplikasi ini menjadi pilihan)
- Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
- · Aktivitas promosi meliputi, perikalanan, promosi penjualan, public relation dan penjualan lewat internet.
- · Kelebihan multimedia adalah menarik indera, dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.
- · Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 %, dari yang dilihat, 30% dari yang didengar, 50% dari yang dilihat dan didengar, 80% dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
- Aplikasi Multimedia pada Bidang Travel
- · Travel (perjalanan) merupakan pokok bahasan multimedi yang umum karena makin banyak yang dapat kita tunjukkan pada pelanggan mengenai ke mana mereka melakukan perjalanan, seperti apa akomodasinya, dan apa saja yang bisa dilakukan setiba di tujuan, maka makin mungkin orang akan menikmati perjalanannya dan suatu ketika ingin menikamti layanan kita lagi.
- · Travelocity.com, Expedia.com
- Aplikasi Dalam Bidang Real Estate
- · Mengunjungi properti yang ditawarkan akan memakan banyak waktu, baik bagi broker maupun bagi pembeli.
- · Multimedia memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.
- · Realtor.com, ColdwellBanker.com
- Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Saham
- · Day trading ialah pemanfaatan Internet untuk memantau saham, lalu dalam waktu cepat menjual atau membelinya, tergantung dari bagaimana pasar berjalan.
- · SmartMoney, Forbes,
- Aplikasi Dalam Bidang Asuransi
- · InsWeb.com, contoh dari aplikasi multimedia pada bidang broker asuransi yang sangat baik.
- · Menyediakan fasilitas tutorial yang sangat baik.
- · Dapat membandingkan besarnya asuransi pada mobil, kesehatan, kepemilikan rumah, dan bentuk lainnya.
- Aplikasi Dalam Bidang Ritel dan Mal
- · Riatail Elektronik, penjualan langsung( bisnis ke konsumen) lewat toko atau mal Elektronik, dalam bentuk format katalog elektronik.
- Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Lelang
- · eBay.com
- · Manheim.com
- Aplikasi Multimedia pada Bidang Kesehatan
- · Multimedia dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan, ilmu kesehatan, kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis.
- Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan
- · Film, Musik, Radio Interaktif, Televisi Interaktif, Game Elektronik.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Jadi dapat
disimpulkan, Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video atau
multimedia secara umum terdapat kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar dan
teks atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output dari data, media ini dapat berupa audio (suara,musik), animasi, video,
teks, grafik dan gambar yang dapat di gabungkan. Multimedia juga merupakan alat
yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan
teks, grafik, animasi, audio dan gambar video.
Aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun
dengan menggabungkan elemen-elemen seperti: teks, dokumen, suara, gambar,
animasi serta video. Aplikasi multimedia itu
sendiri juga sudah berkembang sangat cepat dan banyak digunakan dalam kehidupan
sehari-hari. Contoh Penerapan
Multimedia Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia,
yaitu dalam bidang : Bisnis,
Pendidikan , Rumah ,
Tempat umum, dan masih banyak
lagi contoh dalam aplikasinya.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://www.slideshare.net/6306068/sesi-1-aplikasi-multimedia-pada-berbagai-bidang
http://teguh-prasetio.blogspot.com/2011/pengertian-dan-aplikasi-multimedia.html
http://rahmanarruworlds.blogspot.com/2013/12/penerapan-multimedia-di-berbagai-bidang.html
http://semutdesa.blogspot.com/2013/03/makalah-tentang-multimedia.html
http://rahmanarruworlds.blogspot.com/2013/12/penerapan-multimedia-di-berbagai-bidang.html
http://semutdesa.blogspot.com/2013/03/makalah-tentang-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar